Cara Menyikat Gigi Bagi Pengguna Behel

Cara Menyikat Gigi Bagi Pengguna Behel
Cara Menyikat Gigi Bagi Pengguna Behel

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Saat memakai kawat gigi alias behel kita diharuskan untuk lebih ekstra dalam membersihkan gigi. Anda bisa membersihkan gigi dengan cara menyikatnya, melakukan flossing, dan terakhir mouthwash. Agar kesehatan gigi tetap terjaga saat memakai behel, berikut ini ada beberapa cara menyikat gigi yang benar.

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan, Anda diharuskan menyikat gigi setelah dua kali setiap hari yaitu pagi dan malam hari. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebaiknya dilakukan selama dua menit setiap kali Anda menyikat gigi. Selain itu, gunakan sikat gigi khusus bagi pengguna behel.

Jika Anda menggunakan sikat gigi biasa, dikhawatirkan masih menyisakan sisa makanan di sela-sela gigi sehingga akan membentuk plak yang akan menyebabkan gigi keropos.

Loading...

Oleh karena itu, sebaiknya Anda ikuti saran menyikat gigi yang baik bagi anda pengguna behel:

1. Genggam sikat setara dengan sisi gigi. Kemudian tekan secara perlahan dan julurkan kepala sikat menyikat gigi satu demi satu gigi, searah alur gigi dan gusi Anda.

2. Usahakan saat menyikat di tiap gigi, sikat selama beberapa detik sebelum Anda beralih ke gigi lainnya. Untuk mempermudah dalam menyikat gigi, Anda bisa menggunakan sikat gigi elektrik karena Anda tidak perlu lagi menekan sikat saat menyikatnya.

3. Pastikan gigi bagian dalam, atas, dan di belakang mulut tidak terlewatkan saat menyikatnya.

4. Pastikan juga untuk membersihkan bracket behel. Caranya sangat mudah yaitu menyudutkan bagian kepala sikat ke bracket. Bersihkan juga pada bagian bawah dari kawat gigi sehingga tidak ada lagi sisa makanan yang menempel.