Waspada Penggunaan Behel yang Asal-Asalan

Waspada Penggunaan Behel yang Asal-AsalanJURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Saat ini behel gigi bukan lagi digunakan untuk kesehatan gigi. Jika tahun kemarin pemakaian behel ditujukan untuk merapikan posisi gigi, tapi kini tujuannya sudah beda lagi.

Pemakaian behel gigi sudah menjadi trend terbaru saat ini. Terbukti, banyak orang yang masih menggunakan behel meskipun giginya sudah rapi.

Apakah Anda tahu bahwa pemasangan behel tidak bisa dilakukan asal-asalan? Menurut ahli ortodonti drg. Citra Kusumasari, SpKG mengatakan bahwa pemasangan behel tidak boleh asal-asalan.

Loading...

Pemasangan behel harus sesuai dengan prosedur, seperti pemeriksaan klinis dan analisa yang agak rumit (model gigi, foto rontgen panoramik dan cephalometrik).

Kesimpulan dari beberapa hasil analisa tersebut untuk langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Misalnya melakukan pencabutan atau tidak, pengasahan gigi atau tidak, pelebaran rahang atau tidak, pemilihan alat dan bahan ortodonsia yang sesuai, serta hasil akhir perawatan.

Ada beberapa masalah yang akan ditimbulkan pada pemasangan behel jika dilakukan asal-asalan. Masalah yang sering muncul adalah adanya infeksi. Meskipun hanya infeksi, namun bisa memicu datangnya penyakit lain yang perlu ditangani secara serius. Hal ini juga telah dilansir dari beberapa sumber kesehatan yang menjelaskan dampak positif dan negatif pada pemakaian behel gigi.

Lalu, bagaimana dengan behel yang dijual dipasaran dengan harga murah? Meskipun murah, tapi sebaiknya Anda mudah terpengaruh dengan trend baru dan terpengaruh dengan iklan-iklan murah yang tentunya sangat membahayakan. Jika memang Anda ingin memakai behel gigi, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter gigi kepercayaan Anda.