Cara Menggosok dan Perawatan Gigi Pada Bayi

Cara Menggosok dan Perawatan Gigi Pada BayiJURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Menggosok gigi bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut tetap higienis dan bersih dari bakteri. Bahkan, ketika bayi sudah mempunyai gigi, dia juga harus menggosok giginya. Namun, saat menggosok bayi Anda harus berhati-hati karena gigi orang dewasa berbeda dengan gigi bayi. Nah untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara menggosok dan perawatan gigi pada bayi.

1. Mulai membersihkan gigi saat gigi pertama tumbuh

Ketika gigi pertama si bayi sudah tumbuh, bersihkan giginya dengan kain lap yang steril dan lembut. Hal ini juga bertujuan untuk membiasakan si kecil untuk selalu menggosok giginya seiring berjalan usianya.

Loading...

2. Gunakan pasta gigi dan sikat gigi khusus untuk bayi

Disarankan untuk menggunakan pasta gigi khusus untuk si bayi dengan kandugan fluoride yang sedikit, sehingga aman untuk si bayi yang baru memulai untuk menggosok gigi. Biasanya sikat gigi khusus bayi bentuknya agak lembut dan cocok untuk gigi si bayi.

3. Bersihkan gigi menggunakan floss

Hal ini dilakukan agar gigi si bayi bersih dari plak dan permen karet yang menempel di sela-sela gigi.

4. Mulai gosok gigi si bayi

Ketika menggosok gigi si bayi, sebaiknya dilakukan dalam dua menit setiap kali menggosok gigi, dan lakukan secara rutin. Selain itu, bersihkan juga lidahnya dari bakteri yang menempel.

5. Pergi ke dokter gigi

Berkonsultasi ke dokter gigi secara rutin untuk menanyakan segala informasi tentang kesehatan gigi si bayi.