Cara Tepat Membersihkan Sikat Gigi

Toothbrushes in a GlassJURNALKESEHATANGIGI.COM – Membersihkan sikat gigi juga sangat penting. Sebagian besar orang jarang memperhatikan kebersihan sikat giginya. Padahal justru sikat gigi lah yang menjadi tempat berkembangnya bakteri yang bisa merusak gigi Anda.

Disarankan untuk mengganti sikat gigi paling tidak 3-4 bulan. Untuk itu, selama 4 bulan ini Anda bisa membersihkan dengan cara berikut ini.

Baking Soda

Loading...

Baking soda sangat efektif sebagai anti kuman yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga termasuk sikat gigi Anda. Caranya rendam bagian kepala sikat gigi ke dalam baking soda yang telah dicampurkan dengan air.

Cuci dengan air panas

Air panas dapat membunuh bakteri yang bersarang di sela-sela bulu sikat. Caranya sama dengan yang pertama yaitu rendam sikat gigi di dalam air mendidih kurang lebih 5 menit. Rendam sikat dengan air panas sebelum dan setelah Anda memakainya.

Keringkan setelah dipakai

Sebaiknya biarkan sikat gigi Anda kering dengan cara diangin-anginkan.Setiap kali Anda memakainya, meletakkan sikat gigi di udara yang terbuka sampai tidak ada air yang tersisa di kepala sikat mengering.

Rendam dalam cuka

Anda juga bisa merendam kepala sikat kedalam air yang telah dengan satu sendok cuka. Rendam selama 3 sampai 5 menit. Setela itu, cuci dengan air hangat.