Ingin Terbebas dari Bau Mulut? Hindari Hal Ini

Ingin Terbebas dari Bau MulutJURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Untuk membuat penampilan terlihat sempurna, banyak hal yang bisa dilakukan, diantaranya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Namun, biasanya setelah melakukan beberapa cara, masih ada saja masalah yang muncul, misalnya bau nafas yang tak sedap.

Lalu, apa sih yang menyebabkan hal tersebut? Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini penyebab bau nafas mulut (halitosis) bisa disebabkan karena hal-hal di bawah ini:

  • Kurangnya dalam menjaga kebersihan mulut seperti adanya sisa makanan pada gigi sehingga membentuk plak, adanya tambalan yang lepas, penggunaan gigi palsu yang tidak benar yang jarang dibersihkan.
  • Terjadinya infeksi pada rongga mulut, seperti abses gingiva, periodontitis, dan gigi berlubang yang tidak dilakukan perawatan atau dicabut.
  • Adanya infeksi yang terjadi pada saluran pernafasan yaitu bronkitis, pneumonia, dan infeksi sinus.
  • Faktor dari luar misalnya mengkonsumsi bawang bombay, bawang putih, merokok dan minum kopi.
  • Xerostomia atau lebih dikenal dengan mulut kering yang dikarenakan adanya gangguan pada kelenjar air liur (kebiasaan bernafas melalui mulut).
  • Adanya penyakit sistemik seperti mengalami gangguan pada ginjal, diabetes, pencernaan, dan asam lambung tinggi.

Selain itu juga, bau mulut yang terjadi pada pagi hari atau lebih dikenal morning mouth adalah hal yang wajar. Karena saat Anda tertidur kelenjar saliva tidak memproduksi air liur. Hal inilah yang menyebabkan mulut Anda menjadi kering sehingga mengeluarkan bau yang tak sedap.

Loading...

Setelah Anda mengatahui penyebab dari bau mulut, langkah selanjutnya adalah cara menjaga napas selalu segar. Untuk itu, langsung saja Anda simak 3 cara alami mengatasi bau mulut.