Menyikat Gigi Secara Rutin Bisa Mencegah Penyakit Sendi

Menyikat Gigi Dapat Mencegah Penyakit SendiJURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Menyikat gigi secara rutin adalah hal yang wajib dilakukan setiap orang. Menyikat gigi bisa membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi bahkan mencegah gigi berlubang. Selain itu, menyikat gigi juga bisa mencegah dari gangguan nafas bau.

Baru-baru ini, beberapa peneliti mengatakan bahwa menyikat gigi memiliki hubungan dengan penyakit rheumatoid arthritis. Penyakit rheumatoid arthritis merupakan sejenis penyakit sendi yang diakibatkan serangan pada sistem kekebalan tubuh. Hal inilah yang bisa menyebabkan bagian sendi menjadi sakit dan nyeri.

Bahkan para peneliti dari Amerika mengatakan bahwa penyakit di bagian gusi akan menyebabkan produksi enzim unik yang bisa menimbulkan penyakit sendi. Enzim dengan nama peptidylarginine deiminanse (PAD) inilah yang mengubah protein dalam tubuh menjadi protein citrulline. Citrulline inilah yang berada dalam sendi Anda dan sistem kekebalan tubuh Anda menganggapnya benda berbahaya hingga pada akhirnya akan menimbulkan peradangan.

Loading...

Dengan menyikat gigi Anda secara rutin, bisa membantu Anda akan mencegah dari penyakit gigi dan gusi. Selain itu juga, bisa mencegah munculnya penyakit rheumatoid arthritis. Bahkan, Anda mendapatkan bonus seperti gigi menjadi putih bersih dan terhindar dari bau mulut.