Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi Dan Gusi

Makanan yang Baik untuk Kesehatan Gigi Dan GusiMenyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi menggunakan benang bisa membuat gigi Anda tetap sehat. Karena sisa makanan bisa saja akan bersatu dengan bakteri sehingga membentuk plak. Plak inilah yang memproduksi asam sehingga merusak email gigi, lubang di gigi dan masalah gusi.

Saat ini ada beberapa riset yang sedang dilakukan untuk mengetahui makanan yang baik bagi kesehatan gigi. Menurut, dokter gigi di University of Illinois at Chicago bernama Christine Wu, mengatakan bahwa ada beberapa makanan yang baik untuk kesehatan gigi.

Maka dari itu, langsung saja Anda simak berikut ini makanan yang baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

Loading...

Teh

Kandungan polyphenols pada teh hitam dan teh hijau, terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi. Bahkan beberapa peneliti mengatakan bahwa membersihkan mulut menggunakan teh hitam selama satu menit secara rutin, bisa mengurangi plak yang menempel di gigi.

Keju

Seperti dilansir dari journal General Dentistry mengatakan bahwa mengkonsumsi keju cheddar memiliki kadar asam yang lebih rendah dibandingkan mereka yang mengkonsumsi yoghurt atau susu. Karena keju bisa menetralisir asam plak pada gigi.

Kismis

Kismis memiliki manis alami alias tidak mengandung sukrosa atau gula meja. Selain itu, kismis juga memiliki kandungan phytochemicals yang berfungsi untuk membunuh bakteri yang membuat gigi berlubang.

Buah-buahan

Ternyata mengunyah makanan seperti timun, apel dan wortel, tidaklah sia-sia. Karena mengunyah buah-buahan ini bisa mengurangi penumpukan plak pada gigi.

Makanan Kaya Vitamin

Makanan dengan kandungan kalsium seperti susu, almond dan daun-daunan hijau, serta makanan yang mengandung fosfor bisa membantu Anda dalam menjaga kesehatan email gigi.

Permen Karet Tanpa Gula

Mengunyah permen karet akan meningkatkan sekresi air ludah sehingga bisa membersihkan bakteri. Namun, permen karet tersebut haruslah tanpa gula.