10 Cara Untuk Menghilangkan dan Membersihkan Karang Gigi

Gigi yang putih tanpa karang gigi merupakan keinginan semua orang. Karang gigi banyak memberikan efek yang buruk. Selain meyebabkan gigi terlihat jelek juga memberikan efek gusi berdarah serta memberikan bau tidak sedap pada mulut. Dari hal tersebut dapat membuat kepercayaan diri berkurang, utamanya bagi orang yang sering bergaul atau bertemu dengan orang banyak.

Karang Gigi
Karang Gigi

Hampir sebagian besar orang memiliki karang gigi di mulutnya dengan tingkat keparahan yang berbeda. Sampai saat ini karang gigi merupakan penyebab kedua terbesar hilangnya gigi setelah karies (gigi berlubang). Karang gigi menjadi tempat melekatnya bakteri.

Makanya banyak orang yang ingin mengetahui Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan cepat dan tanpa rasa sakit tentunya. Pada karang gigi yang semakin menebal akan menjadi sarang kuman. Menurut penelitian oleh beberapa pakar kesehatan dunia, masalah karang gigi ini dapat memicu terjadinya penyakit jantung.

Loading...

Berikut ini ada 10 cara untuk menghilangkan dan membersihkan karang gigi :

1.   Menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari

Bagian gusi juga mesti kita bersihkan. Gusi bagian atas dengan menggosoknya ke arah atas ke bawah, sedangkan untuk gusi rahang bawah dari arah bawah ke atas.

2.   Biji asam kawak bisa kita gunakan untuk menghilangkan karang gigi

Caranya sangrai biji asam kawak, kemudian haluskan dengan cara diblender atau ditumbuk. Bubuk dari biji asam kawak bisa kita gunakan untuk menggosok karang gigi dengan bantuan sikat gigi atau kapas.

3.   Cengkeh juga bisa kita gunakan untuk membersihkan karang gigi

Siapkan cengkeh sebanyak 7 buah. Tumbuk halus dan hasilnya kita gunakan untuk menggosok karang gigi. Bubuk cengkeh ini bisa pula kita gunakan untuk berkumur.

4.   Konsumsi buah apel

Mengonsumsi buah apel tanpa dikupas kulitnya juga akan membantu membersihkan gigi dari karang gigi. Selain manfaat dari kandungan gizinya, sekaligus menjaga gigi dari plak. Tentu saja ini mesti kita lakukan secara rutin.

5.   Batu Merah

Batu merah di haluskan hingga berbentuk bubuk dan kemudian gosokkan pada bagian gigi yang ingin dibersihkan dari karang. Setelah itu bersihkan dan ulangi hingga tiga kali.

6.   Rajin gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi/odol yang mencegah plak.

Rajin menggosok gigi dengan pasta gigi yang mencegah plak dapat membantu anda membersihkan karang gigi.

7.   Minum air putih

Rajin minum air putih yang bersih sambil kumur-kumur.

8.   Rajin membersihkan bekas sisa makanan yang ada di pojok dan sela-sela gigi dengan benang gigi.

Benang gigi dapat anda manfaatkan agar sisa makanan tidak tertinggal pada gigi. Sebab hal itulah yang menyebabkan karang gigi terbentuk jika tinggal dalam waktu yang lama.

9.   Rajin Berkumur

Rajin berkumur-kumur dengan cairan pembersih mulut/dental floss yang bisa mencegah plak karang gigi.

10.   Konsumsi buah dan sayur

Rajin makan buah dan atau sayur karena seratnya dapat membantu menghilangkan sisa makanan di gigi dan gusi kita.