Lipstik Dapat Merusak Enamel Gigi

Bahaya Menggunakan Lipstik Secara Terus MenerusKebanyakan wanita merasa diri mereka telanjang di depan umum tanpa polesan merah pada bibir mereka, namun bisakah bahan kimia pada lipstik yang sehari-hari anda pakai menyimpan rahasia yang berbahaya?

Peneliti mengungkapkan adanya beberapa jenis produk kecantikan yang mengandung parafin. Walaupun kandungan parafin yang terdapat dalam kosmetik jumlahnya sedikit namun penggunaannya yang teratur dan terus menerus dapat merusak enamel gigi sehingga terjadi karies gigi.

Parafin yang menempel pada permukaan gigi dapat menyebabkan serpihan-serpihan kecil dari makanan menempel dengan mudah. Akibtanya, bakteri berbahaya dapat berkembangbiak dengan subur. Kondisi ini tentu saja dapat menyebabkan infeksi sehingga terbentuklah rongga di enamel gigi atau retakan kecil.

Loading...

Peneliti menemukan bahwa dari 10 merk lipstik yang terkenal ternyata juga mengandung parafin yang dapat meningkatkan masalah pada gigi.

Masalah pada gigi akan terlihat pada kurun waktu 2 – 3 bulan pada orang yang menggunaan lipstik setiap harinya. Di perkirakan rata-rata wanita yang memakai, lipstik, maskara,  krim, dan produk kosmetik lainnya akan menerima hingga 2 kilogram senyawa kimia berbahaya.

Agar terhindar dari dampak buruk tersebut, sebaiknya para wanita lebih selektif terhadap pemilihan kosmetik, perhatikan dengan benar apa saja kandungan yang terdapat dalam kosmetik yang akan Anda gunakan, serta berikan perlindungan yang lebih pada gigi Anda.