Macam-Macam Yang Menyebabkan Sariawan

Timbulnya Sariawan Karena Beberapa HalSariawan atau stomatitis aftosa merupakan kelainan yang terjadi pada selaput lendir di dalam mulut. Kelainan tersebut berupa luka yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan cenderung cekung.

Hadirnya sariawan di dalam mulut membuat aktifitas berbicara atau konsumsi menjadi terganggu. Sariawan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari.

Akan tetapi jika sariawan tersebut tidak lenyap selama berminggu-minggu maka boleh jadi hal tersebut merupakan indikasi kangker rongga mulut. Penyebab sariawan bermacam-macam. Salah satunya adalah infeksi mikroba.

Loading...

Sariawan ada beragam dan ini lah macam-macam sariawan :

1.   Sariawan yang disebabkan karena jamur.

Dalam bahasa medis, sariawan yang di sebabkan jamur di sebut sariawan kandidiasis oral atau moniliasis. Biasanya sariawan ini banyak di temui pada bayi dan manusia lanjut usia.

Biasanya, sariawan ini di sebabkan oleh jamur akibat pengunaan antibiotika dalam waktu lama. Bisa juga di sebabkan oleh kondisi gigi dan mulut yang tidak bersih.

2.   Sariawan kambuhan.

Kalau Anda pernah sariawan dan berulangkali kambuh di tempat yang sama, maka ini di kelompokkan menjadi sariawan kambuhan. Bisa dinamai Afte Rekuren dalam dunia medis.

Sariawan ini berupa luka yang sifatnya tiba-tiba dan rasanya nyeri. Bisa muncul satu atau sekaligus berkelompok. Sariawan jenis ini biasa di picu oleh kekurangan zat besi, vitamin C dan vitamin B12. Bisa juga muncul karena alergi, luka gigi dan stress.

3.   Gangguan hormonal.

Sariawan juga bisa di sebabkan oleh gangguan hormonal, misalnya pada perempuan yang sedang menstruasi. Tentu saja, setiap orang mengalami reaksi berbeda-beda.

4.   Sariawan akibat rokok.

Sariawan juga bisa muncul pada mulut si perokok berat. Biasanya menyerang pada mereka yang mengkonsumsi nikotin terlalu banyak. Penyuka cerutu umumnya rawan dengan jenis sariawan yang satu ini, biasa di sebut Stomatitis Nicotina.

Sariawan ini cenderung menyerang daerah mulut di langit-langitnya karena lokasi itu lah yang terkena asap rokok. Sariwan tipe ini hilang seiring dengan menurunnya frekuensi merokok.

5.   Sariawan akibat mulut kering.

Mulut kering kurang memproduksi air liur atau saliva. Padahal, kalau kuantitas saliva menurun maka otomatis kualitasnya akan turun. Sariawan cenderung muncul pada mulut kering yang minim saliva.

Karena itu, perbanyak mengunyah sayuran segar. Ketika kita mengunyah sayuran segar, akan di butuhkan banyak saliva sehingga secara otomatis mulut akan memproduksi banyak saliva.

Salah satu penyebab mulut kering ialah stress. Jadi saat Anda stress, sebaiknya perbanyak makan sayur dan buah, bukan mengalihkannya ke coklat ataupun es krim dalam jumlah besar.