Resep Tradisional Untuk Mengobati Luka Sariawan

Resep Tradisional Untuk Mengobati Luka SariawanSariawan pada mulut dan lidah atau masalah bibir pecah-pecah memang patut kita ketahui, karena meskipun terlihat sepele namun penyakit semacam sariawan ini memang cukup menyiksa.

Sariawan umum di derita manusia semua kelompok usia. Mulai dari anak anak hingga orang dewasa. Luka ini di golongkan sebagai gangguan kesehatan ringan. Banyak orang mendiamkan sariawan sampai sembuh sendiri. Beberapa lainnya menggunakan resep tradisional untuk meringankan sekaligus mengobati luka sariawannya. Seperti beberapa resep tradisional berikut ini. Tidak semuanya benar, namun ada yang sukses mengatasi sariawan.

1.    Larutan garam.

Loading...

Cara yang paling sering digunakan orang untuk meredakan nyeri sariawan ialah dengan menggunakan larutan garam. Caranya, gunakan air hangat sekitar 100 cc atau sekitar setengah gelas belimbing. Aduk satu sendok makan garam sampai larut. Lalu Anda bisa berkumur dengan menggunakan larutan tersebut. Kandungan garam di percaya akan mengikat luka sariawan.

2.   Bubuk kopi.

Mengatasi sariawan dengan menggunakan bubuk kopi juga lazim di jadikan saran. Caranya dengan membubuhkan bubuk kopi yang kering di atas luka, lalu diamkan sesaat kemudian bilas dengan air bersih.

3.    Bawang dan pepaya.

Orangtua kerap kali menyarankan obat sariawan berupa irisan bawang dan pepaya. Caranya, iris tipis bawang merah lalu tempelkan pada luka. Begitu juga halnya dengan pepaya. Diamkan sesaat lalu kumur mulut dengan air hangat. Lakukan 3-5 kali sehari.

4.    Baking soda.

Bubuk pengembang kue ini lumayan banyak manfaat di luar fungsi utamanya. Untuk sariawan, larutkan baking soda dengan air hangat sehingga berbentuk seperti krim. Kemudian oleskan krim tersebut pada luka sariawan. Bisa juga larutkan baking soda menjadi obat kumur.

5.    Madu.

Anda bisa menggunakan madu murni ataupun salep madu untuk mengobati sariawan. Cukup oleskan saja pada luka di mulut, ulangi sampai tiga kali sehari.

6.    Daun sirih.

Jika Anda mudah menemukan daun sirih, kunyah saja 1-2 lembar daun sirih. Jangan lupa mencucinya terlebih dahulu. Kunyah-kunyah daun sirih untuk beberapa waktu, arahkan ke luka sariawan lalu berkumurlah dengan air hangat. Lakukan 2-3 kali sehari.