Mencegah Dan Cara Mengobati Penyakit Sariawan

Mengkomsumsi Vitamin C, B12 Untuk Mencegah Penyakit SariawanSariawan adalah salah satu penyakit yang sangat sering di derita oleh manusia. Sariawan banyak di derita oleh mereka yang jarang mengkonsumsi vitamin C setiap harinya. Sariawan adalah keadaan di mana terdapat luka pada selaput lendir mulut yang warnanya putih kekuningan dengan bentuk agak cekung. Sariawan ini biasanya di sertai rasa nyeri, apalagi ketika makan makanan yang pedas tepat mengenai daerah luka tersebut.

Sariawan kerap mengganggu aktivitas. Luka kecil pada permukaan bibir atau mulut itu sungguh nyeri dan mengganggu selera makan. Biasanya sariawan terjadi pada lidah, gusi ataupun dinding mulut sehingga membuat penderitanya tak nafsu makan. Berikut ini yang harus Anda perhatikan untuk mencegah sariawan sebelum terjadi :

1.    Makan makanan bergizi.

Loading...

Pola makan yang sehat dan benar bisa menjauhkan kita dari sariawan. Jangan lupa konsumsi vitamin C dan vitamin B12 dalam porsi yang benar. Kebanyakan vitamin C pun tak baik, sebab vitamin ini larut dalam air. Artinya, jika terjadi tumpukan vitamin C yang berlebih maka ginjal akan kerja ekstra. Vitamin C banyak di dapatkan dari jeruk, strawberry serta tomat.

2.    Hindari stres.

Stres di percaya memicu munculnya sariawan. Karena itu jauhkan diri dari stres. Kadang-kadang, pada sebagian orang, stres membuat mereka merokok dan tidak bisa tidur. Banyak di temui sariawan yang muncul akibat nikotin bertumpuk di langit-langit mulut, terutama pada perokok berat.

3.    Jangan tergigit.

Cara menggosok gigi yang keliru bisa membuat mulut terluka sehingga muncul sariawan. Begitu juga apabila Anda tanpa sengaja menggigit mulut sendiri. Karena itu, makan dengan perlahan dan cara mengunyah yang benar. Sehingga mulut tak mudah tergigit. Selain itu, pilih sikat gigi dengan tangkai yang lunak dan relatif lentur dengan sikat yang lembut.

4.    Bakteri.

Jangan malas gosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Sisa-sisa makanan pada sela-sela gigi merupakan tempat berkembangbiak mikroorganisme yang merugikan.

Ketika sariawan muncul di mulut, maka harus di obati. Ada beberapa sariawan yang sembuh dengan sendirinya, biasanya sariawan yang berupa cekungan kecil dan cepat memutih tanpa peradangan terlalu lama. Namun jika kondisi tak membaik setelah 2-3 hari, Anda bisa menggunakan obat sariawan bubuk ataupun salep. Perbanyak kumur mulut dengan menggunakan larutan air hangat dengan garam.

Banyak orang menganjurkan bubuk kopi sebagai resep tradisional mengobati sariawan. Biasanya 2-3 hari. Tapi, saran ini sebetulnya cuma mitos sehingga tidak perlu diikuti. Kopi hanya akan membuat sariawan makin meradang.

Apabila sariawan tak kunjung sembuh setelah bermingu-minggu maka hubungi dokter. Bisa jadi Anda mengalami gangguan sistem pencernaan atau indikasi penyakit yang lebih serius.