Profesi Asisten Dokter Gigi Praktek

Profesi Asisten Dokter Gigi Praktek
Profesi Asisten Dokter Gigi Praktek

Perawat gigi atau di Indonesia lebih dikenal sebagai asisten dokter gigi adalQah profesi yang tidak terpisahkan dari suatu produk layanan medik gigi.

Alasan mengapa istilah asisten dokter gigi lebih dikenal daripada istilah perawat gigi sebenarnya tidak lepas dari kebijakan yang berlaku di Indonesia mengenai perawat gigi (dental nurse), diantara beberapa model perawat gigi yang ada, Indonesia menganut model dental assistant atau asisten dokter gigi. Model lain dari perawat gigi adalah dental hygienist.

Kemampuan inti seorang perawat gigi di antaranya adalah manajemen termasuk di dalamnya adalah komunikasi,pengawasan penularan infeksi, pemeliharaan dan penggunaan peralatan, peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit gigi dan mulut, perlindungan khusus, tindakan asuhan keperawatan di klinik dan beberapa yang lain di mana salah satunya berkaitan dengan peran perawat gigi sebagai asisten dokter gigi.

Loading...

Seorang perawat gigi profesional dituntut kompeten mulai dari hal manajemen klinik sampai ke situasi di mana seorang dokter gigi terpaksa melakukan pelimpahan tugas apabila memang diperlukan.

Eksistensi dalam perannya sebagai bagian dari tim memunculkan rasa percaya diri dan semakin berkembang dengan baik apabila dokter gigi juga memberikan kesan bahwa perawat gigi yang ada bersamanya di ruang praktek tersebut berfungsi sebagai partner kerjanya dan bukan sekedar “pelengkap” di ruang praktek.

Disadari atau tidak kecermelangan seorang dokter tidak lepas dari peran perawat gigi, jadi tidak rugi apabila seorang dokter gigi memberikan apresiasi kepada partnernya tersebut sebagai bagian dari wujud terimakasih bahwa dirinya sudah terbantu dalam menjalankan praktek.