Cara Mencegah Dan Mengobati Gusi Yang Bengkak

Mencegah Dan Mengobati Gusi Yang BengkakPada artikel berikut ini akan membahas tentang penyakit gusi. Pada umumnya orang mengalami masalah gusi karena gusi mereka bengkak yang menimbulkan rasa sakit terus-menerus dan memerlukan bantuan dokter gigi untuk mengatasinya.

Gusi bengkak  adalah satu peradangan atau infeksi yang dialami seseorang pada  gusinya. Biasanya pada tahap yang parah didalam gusi terdapat nanah yang bisa pecah bila mendapat tekanan.  Peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri  yang ada pada plak  gigi. Oleh karena itu kita harus menyikat gigi secara benar dan teratur setiap pagi setelah sarapan dan sebelum tidur agar tidak timbul plak gigi serta kondisi gigi dan gusi selalu dalam kondisi bersih dan sehat.

Ada beberapa tahapan timbulnya penyakit gusi. Pada tahap awal peradangan disebabkan oleh ‘plak’ yang terbentuk di sekitar gusi. Jika pembersihan gigi yang dilakukan setiap hari tak mampu membersihkan dan mengangkat ‘plak’ yang terbentuk, hal itu bisa menjadi sarang bakteri  dan memicu iritasi pada lapisan luar gusi, dan timbullah gingivitis.

Loading...

Tahap berikutnya adalah tulang rahang penyangga gigi dan jaringan yang menyangga gigi di tempat yang terinfeksi tersebut sudah mengalami kerusakan. Gusi kita mulai membentuk kantong, yang akan menjadi perangkap bagi makanan yang menempel dan plak (periodontitis). Perawatan gigi yang rutin dan pembersihan sehari-hari yang dilakukan secara pribadi akan bisa mencegah kerusakan yang lebih parah.

Ini tahap yang paling parah dari penyakit gusi. Jaringan dan tulang yang menyangga gigi telah hancur, yang mana hal ini bisa menyebabkan gigi tanggal. Hal ini sangat mengganggu kenyamanan gigi kita saat mengunyah, apalagi jika tak dilakukan perawatan yang rutin terhadap gigi. Sehingga pada akhirnya gigi harus dicabut, karena sudah rusak dan keropos.

Gejala-gejala penyakit gusi :

  •     Gusi berwarna merah dan bengkak.
  •     Gusi berdarah selama kita menyikat gigi atau melakukan flossing.
  •     Gigi tampak lebih panjang, karena gusi tak lagi kuat menyangga.
  •      Antara gusi dan gigi mulai ada jarak dan membentuk kantong.
  •     Saat menggigit gigi goyang dan gusi terasa sakit.
  •     Keluar nanah di antara gusi dan gigi.
  •     Bau nafas kita tak sedap dan mulut kita selalu merasa tak nyaman.

Mencegah Penyakit Gusi.

Pada tahap awal dari penyakit gusi biasanya dapat dihindari dengan menyikat gigi dan flossing secara teratur. Menjaga kesehatan mulut juga akan membantu terbentuknya plak  gigi. Perawatan secara rutin oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi yang lain adalah cara yang tepat untuk mengangkat ‘plak’ yang terbentuk dan kemudian mengeras menjadi tartar.

Jika kondisinya lebih buruk, perlu dilakukan prosedur perawatan terhadap akar gigi. Prosedur tersebut akan membantu gigi, agar mampu menghambat tumbuhnya ‘plak’. Dengan perawatan secara berkala pula, tahap awal penyakit gusi bisa dideteksi sejak dini, sehingga menghambat kerusakan yang lebih parah.

Cara Alami Mengobati Gusi Bengkak :

  1. 2 lembar daun siram dengan air panas (atau bisa direbus). Setelah itu diamkan hingga hangat-hangat kuku airnya dipakai berkumur untuk membersihkan bakteri di gigi dan mulut, sekaligus meredakan sakit.
  2. 10 gram tawas bersih dicampur 300cc air biasa dan sedikit pepermint olie dapat digunakan untuk obat kumur-kumur jika gusi bengkak.
  3. 5 lembar daun jarak, 1 sendok kapur sirih direbus dengan 4 gelas air. Setelah disaring, gunakan air tersebut untuk kumur.
  4. 15 gram daun dan akar sereh, 20 gram kunyit, garam secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, saring dan airnya diminum.