Penyebab Pendarahan Pada Gusi

Penyebab Pendarahan Pada GusiKesehatan gigi dan mulut sangat erat kaitannya dengan gusi, memang biasanya orang kurang memperhatikan kesehatan gusi tapi kalau sudah sakit pasti makan apa saja jadi tidak enak. Salah satu masalah gusi yang paling sering adalah gusi berdarah. Gusi berdarah sering diabaikan dan dianggap remeh oleh sebagian orang, padahal gusi yang sering berdarah bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Segera atasi dan obati gusi yang berdarah.

Gusi Anda dapat berdarah saat Anda menyikat gigi atau makan sesuatu yang keras. Ketika menggigit apel, misalnya, Anda melihat ada semburat-semburat merah di daging buah apel yang Anda gigit. Kadang-kadang mungkin Anda merasakan rasa darah di mulut Anda.

Jika Anda menduga gusi Anda berdarah, Anda dapat memeriksanya dengan melihat gusi Anda lebih dekat. Biasanya, gusi Anda memerah dan meradang. Dengan sedikit tekanan saja, gusi Anda dengan cepat mengeluarkan darah. Gejala ini disebut peradangan gusi atau gingivitis.

Loading...

Penyebab gusi berdarah.

Dalam hampir semua kasus, gusi berdarah disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Hal ini tidak selalu berarti bahwa Anda tidak cukup menyikat gigi, tetapi Anda mungkin melakukannya dengan salah.

Pendarahan gusi disebabkan oleh plak yang berakumulasi. Plak menumpuk di gigi karena sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut. Plak mudah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Menyikat gigi dengan hati-hati dan teratur akan membersihkan plak. Namun, jika tidak cukup sering atau kurang bersih dalam menyikat gigi, plak tidak hilang. Plak yang menumpuk di sepanjang garis gusi menyebabkan gusi meradang sebagai respon untuk melawan bakteri. Jika tidak dilakukan pengobatan, lama kelamaan peradangan itu akan berubah menjadi periodontitis. Periodontitis dapat membuat gigi-gigi longgar atau bahkan tanggal.

Wanita hamil dapat menderita pendarahan gusi karena perubahan hormonal yang cenderung melemahkan gigi dan gusi.

Penyebab lain dari pendarahan gusi adalah menyikat gigi terlalu keras. Menyikat terlalu keras juga dapat menarik garis gusi, sehingga membuat leher gigi telanjang. Hal ini dapat menyebabkan gigi sensitif terhadap panas dan dingin.

Hal yang harus dilakukan ketika gusi berdarah :

  • Jika Anda menderita pendarahan gusi, penting untuk meningkatkan kebersihan gigi Anda. Sikatlah gigi Anda minimal 2x sehari dan pastikan Anda menyikat gigi Anda di semua tempat. Jangan terburu-buru, sehingga Anda melewatkan beberapa bagian yang perlu dibersihkan. Sikat dengan baik sepanjang batas antara gigi dan gusi. Gunakanlah selalu sikat gigi dengan kekerasan yang lembut atau menengah. Selain menyikat, baik juga untuk membersihkan gigi dengan benang gigi dan tusuk gigi.
  • Jika pendarahan tidak berkurang setelah Anda meningkatkan kebersihan gigi Anda, kunjungi dokter gigi. Plak mungkin telah berubah menjadi tartar, yang membuat peradangan terus berlanjut. Dokter gigi dapat dengan mudah menghilangkan tartar sehingga gigi Anda bersih dan kondisi gusi Anda membaik.