Menambal Atau Mencabut Gigi Yang Berlubang

Menambal Atau Mencabut Gigi Yang BerlubangDiperkirakan sebanyak 72-80 persen penduduk Indonesia mempunyai gigi berlubang. Kenyataan ini dinilai memprihatinkan. Sebab, kesehatan gigi sebenarnya juga terkait dengan kesehatan umum, baik pada anak maupun orang dewasa.

Secara global, menurut data WHO, sekitar 60-90 persen penduduk dunia mengalami gigi berlubang. Rata-rata gigi berlubang seseorang adalah dua gigi. Sementara untuk Indonesia, menurut Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia Zaura Rini Anggraeni, jumlah penduduk yang mempunyai gigi berlubang adalah 72-80 persen.

Pada saat anda memiliki gigi berlubang biasanya anda langsung ingin mencabutnya, begitupun ketika anda merasakan sakit gigi. Bagi penderita gigi berlubang, alangkah baiknya jika anda memiliki gigi yang berlubang sebaiknya anda konsultasikan dulu dengan dokter gigi sebelum anda mencabut ataukan menambal gigi anda.

Loading...

Langkah yang umumnya akan diambil dokter gigi adalah menambal gigi yang rusak, bila lubangnya belum terlalu besar. Tetapi, bila kita merasakan sakit gigi, proses penambalan tidak dapat langsung dilakukan karena dengan demikian gas dalam gigi tidak dapat keluar. Dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit atau akan mematikan saraf gigi agar kita tidak tersiksa dengan rasa sakitnya. Pada kunjungan selanjutnya barulah gigi akan dibersihkan dan ditambal sementara, penambalan secara permanen dilakukan pada kunjungan berikutnya lagi.

Bila lubang terlalu besar dan tidak memungkinkan untuk ditambal, berarti gigi harus dicabut. Sama seperti proses penambalan gigi, maka gigi juga tidak dapat langsung dicabut saat gigi masih terasa sakit. Hal ini disebabkan saat kita merasakan sakit gigi, maka obat anestesi (obat kebal agar tidak terasa sakit saat gigi dicabut) tidak dapat menembus akar gigi, sehingga saat dicabut akan menyebabkan sakit yang luar biasa. Proses pencabutan gigi baru bisa dilakukan saat gigi sudah tidak terasa sakit dan untuk menghilangkan rasa sakit dokter akan mematikan saraf gigi.