Membersihkan Gigi Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung

Penyakit Jantung Jauh Karena Rajin Membersihkan GigiMenjaga kebersihan mulut tak hanya mampu menambah rasa percaya diri dan rasa nyaman kepada orang yang menjadi lawan bicara kita. Menyikat gigi secara teratur merupakan cara yang efektif untuk membuat area mulut terhindar dari berbagai penyakit.

Rajin menyikat gigi dan rutin mengunjungi dokter untuk membersihkan karang gigi, ternyata tak hanya membantu Anda tampil percaya diri saat senyum, namun juga membantu Anda menghindari penyakit serangan jantung.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh peneliti di Taiwan, orang yang selalu menjaga kebersihan dan melakukan pembersihan karang gigi ternyata mampu menurunkan 13 persen risiko stroke dibandingkan mereka yang kurang peduli dengan masalah gigi.

Loading...

Para peneliti melakukan penelitian dengan melihat riwayat kesehatan dari 102.620 pasien yang tidak memiliki masalah penyakit jantung dan stroke selama 7 tahun.

Dalam penelitian, 226 dari 51.108 orang yang memiliki gigi yang rutin dibersihkan setidaknya hanya sekali mengalami serangan jantung, sedangkan 1168 mengalami stroke.

Sementara, kelompok yang tidak pernah dibersihkan gigi mereka, 507 dari 51.512 orang menderita serangan jantung dan 2.480 mengalami stroke.

Para peneliti juga menemukan bahwa mereka yang rutin ke dokter gigi untuk pembersihan karang gigi lebih dari sekali dalam setiap dua tahun memiliki 24 persen lebih rendah terkena risiko serangan jantung dan 13 persen penurunan risiko stroke dibandingkan dengan mereka yang tak pernah membersihkan gigi di dokter gigi.

Zu-Yin Chen, ahli Kardiologi dari Rumah Sakit Umum Veteran di Taipei, Taiwan, mengungkapkan bahwa membersihkan gigi dapat menekan jumlah bakteri di mulut yang dapat menyebabkan peradangan kronis.

Chen pun menambahkan bahwa peradangan berkaitan dengan pembentukan plak di pembuluh darah dan pengerasan arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

“Kebersihan mulut sangat penting dan kita semua harus membantu untuk mengajarkan cara yang benar untuk menjaga kesehatan mulut. Sangat mengejutkan ketika kami menemukan bahwa risiko serangan jantung dan stroke lebih rendah ketika Anda setidaknya rutin melakukan scaling gigi (pembersihan karang gigi) per tahun,” tambah Chen.