Mengkonsumsi Minuman Bersoda Dapat Merusak Gigi

Waspadalah Jika Mengkonsumsi Minuman Bersoda Sebab.......??!!Ketika kita bersantai,minuman ringan bersoda biasanya menjadi teman bersantai. Sedemikian akrabnya minuman tersebut dengan kita,hingga kita tidak menghiraukan dampak buruknya,terutama pada kesehatan gigi. Selain itu,minuman bersoda atau sering disebut soft drink kadang digunakan sebagai penangkal mabuk kendaraan bagi segelintir orang. Mengingat begitu lekatnya minuman bersodah di tengah-tengah masyarakat kita,tentunya sangat sulit melepaskan kebiasaan dari minuman tersebut. Akan tetapi,mulai sekarang para penikmat minuman bersoda harus hati-hati. Pasalnya minuman satu ini mendatangkan dampak buruk pada kesehatan gigi. Dalam hal ini,tidak hanya sodanya yang membahayakan struktur gigi,namun juga komposisi lain dari minuman tersebut seperti gula dan pewarnanya.

Kandungan soda yang terdapat dalam minuman bersoda tersebut memiliki kandungan tinggi asam dan asam tersebut mampu melarutkan komponen onorganik pada gigi. Dengan kata lain,email gigi yang merupakan pelindung gigi dapat terkikis atau erosi akibat sifat asam yang terdapat pada minuman bersoda. PH setiap makanan dan minuman yang dikomsumsi manusia sangat berpengaruh pada rongga mulut.

Kerusakan gigi akibat mengkonsumsi minuman bersoda disebabkan oleh kandungan zat gula yang ada di dalam minuman tersebut tinggi sehingga memiliki pengaruh yang tidak sedikit. Ketika bakteri plak pada gigi menyerap gula yang berasal dari makanan atau minuman, maka bakteri itu akan mengubahnya menjadi asam yang kemudian mengikis enamel.

Loading...

Selain itu pengikisan gigi juga bisa disebabkan semakin sedikitnya fluoride yang diperoleh. Semakin banyak orang yang mengonsumsi minuman dalam kemasan yang diberi rasa, yang kemungkinan tidak mengandung fluoride. Karena Fluoride membantu menguatkan enamel. Pengikisan merupakan serangan terhadap enamel.

Untuk menghindari terjadinya pengikisan gigi, agar banyak mengonsumsi air putih serta menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, menyikat gigi sekitar setengah jam setelah meminum air bersoda . Jika Anda segera menyikatnya setelah minum air bersoda atau jus, justru akan meningkatkan resiko cedera dengan menyikat enamel yang sudah lemah lantaran serangan asam.