Tips Merawat Kecantikan Dan Gigi Palsu

Tips Merawat Kecantikan Dan Gigi PalsuPernah terbayang kalau kita tua nanti akan memakai gigi tiruan / gigi palsu? Pastinya kita semua pernah melihat nenek, kakek atau orang tua kita memakai gigi palsu. Kebutuhan setiap orang untuk memakai gigi palsu cukup beragam, mulai dari kebutuhan untuk menggantikan gigi yang telah hilang, menggantikan gigi yang telah rusak dan dijadikan tanda status sosial yang sering kita dengar di berbagai daerah. Oleh karena itu tidak mengherankan jika gigi tiruan dengan bahan alloy emas banyak dipakai oleh kalangan tertentu meskipun secara estetika kurang sesuai.

Merawat kecantikan dan kesehatan gigi palsu adalah mutlak agar Anda bisa memakai dan merasakan manfaat dari gigi palsu itu sendiri lebih nyaman dan lama. Seperti yang kita tahu, gigi palsu hanya merupakan gigi tiruan yang bisa dipasang dan dilepas kapanpun kita mau. Pemasangan yang tidak permanen tentu menimbulkan celah di antara gigi palsu dan gusi Anda. Apabila daerah ini dan juga gigi plasu tersebut tidak rutin dibersihkan, akan terjadi pembusukan sisa makanan yang tentunya akan berujung pada bau mulut.

Berikut adalah tips merawat kecantikan dan kesehatan gigi palsu :

Loading...

1.   Letakkan di tempat yang benar agar kecantikan dan kesehatan gigi palsu terjaga.

Setiap kali Anda ingin melepaskan gigi tiruan, ada baiknya bila terlebih dahulu Anda siapkan handuk atau semangkuk air hangat untuk meletakkan gigi tersebut. Hal ini penting untuk menjaga kecantikan dan kesehatan gigi palsu karena akan mengurangi resiko terjatuh dan patahnya gigi tiruan karena tempat penyimpanan yang tidak aman. Sedangkan air hangat dalam mangkuk akan membersihkan gigi tiruan Anda dari sisa makanan yang mungkin menempel. Anda juga bisa menggunakan pembersih khusus gigi tiruan untuk merendamnya agar bisa lebih bersih dan higienis. Yang terpenting, Anda tidak membiarkannya kering selama tidak dipakai, atau merendamnya dengan air panas.

2.   Kecantikan dan kesehatan gigi palsu akan tetap terjaga dengan membersihkannya setiap hari.

Anda harus membersihkan dan merawat kecantikan dan kesehatan gigi palsu setiap hari untuk mencegah timbulnya noda pada permukaannya dan juga merawat kesehatan mulut Anda sendiri. Paling tidak, Anda harus memberikan waktu selama enam jam untuk mengistirahatkan gigi tiruan sebelum dipakai kembali. Cara membersihkannya sangat mudah, setelah Anda merendam gigi tiruan di dalam air hangat atau cairan pembersih, sikat seluruh bagian gigi tiruan dengan sikat yang berbulu lembut atau sikat khusus gigi tiruan. Kemudian, rendam kembali gigi tiruan yang sudah bersih ke dalam air hingga Anda akan memakainya kembali.

3.   Mempertahankan kecantikan dan kesehatan gigi palsu dengan menggantinya secara berkala.

Apabila Anda ingin selalu melihat kecantikan dan kesehatan gigi palsu yang Anda miliki, maka Anda perlu menggantinya secara berkala setiap lima tahun sekali. Gigi tiruan yang dipakai setiap hari mungkin saja terkontaminasi bakteri selama bertahun-tahun sehingga berisiko pada kesehatan Anda. Selain itu, mungkin anda mempunyai keluhan lain  seperti ukuran gigi tiruan yang sudah tidak pas lagi sehingga sangat mengganggu ketika mengunyah sesuatu. Anda perlu mengkonsultasikannya pada dokter gigi agar Anda tetap bisa menikmati kecantikan dan kesehatan gigi palsu.