Halitosis (Bau Mulut Tak Sedap)

Halitosis (Bau Mulut Tak Sedap)Banyak faktor yang memengaruhi kepercayaan diri seseorang. Salah satunya ialah kesempurnaan senyuman terkait dengan penampilan gigi putih berseri. Namun cukupkah hanya dengan memenuhi aspek fisik saja? Ternyata masih ada hal lain penyebab berkurangnya kepercayaan diri seseorang, terutama ketika berkomunikasi. Terkadang dijumpai beberapa orang menjaga jarak ketika berbicara, menghindar untuk melakukan kontak langsung atau bahkan berkomentar langsung dengan bau mulut Anda. Kejadian tersebut tentunya membuat Anda merasa malu dan mengganggu profesionalitas dalam berkomunikasi.

Bau mulut merupakan keluhan yang umum dan populer di kenal sebagai nafas yang berbau menyengat, seperti nafas bau sementara termasuk sesudah makan sesuatu, seperti bawang putih atau bawang merah dan beberapa obat-obat, seperti Paraldehyde.

Gambaran di atas disebut dengan Halitosis, yaitu suatu istilah umum yang digunakan untuk menerangkan adanya bau atau odor yang tidak disukai sewaktu terhembus udara, tanpa melihat apakah substansi odor berasal dari oral ataupun berasal dari non-oral.

Loading...

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan halitosis itu sendiri? Persentase terbesar yang memegang peranan terjadinya halitosis berada pada rongga mulut yang mencapai 85%. Karena di dalam rongga mulut terdapat protein eksogen (sisa makanan) dan protein endogen (protein saliva dan darah) yang mengandung sulfur, serta terdapat mikroorganisme gram positif dan negatif. Bukan hanya protein eksogen dan endogen saja yang mengandung sulfur, mikroorganisme gram negatif pun menghasilkan asam amino mengandung sulfur.

Selain keberadaan protein dan mikroorganisme dalam rongga mulut, keberadaan aliran saliva serta daerah dalam rongga mulut yang sulit dijangkau ketika dibersihkan juga harus diperhitungkan sebagai pemicu munculnya halitosis. Daerah yang sulit dijangkau antara lain permukaan lidah, daerah antara papila, dasar lidah yang disukai oleh bakteri anaerob, ruang interdental yang merupakan tempat akumulasi plak dan kalkulus.