Kecemasan Ibu Pada Kesehatan Gigi Anak

Kecemasan Ibu Pada Kesehatan Gigi AnakIngat betapa hebohnya anda ketika melihat ujung gigi susu pertama si kecil muncul? satu persatu gigi si kecil yang tumbuh anda hitung sampai akhirnya lengkap. Tentu anda tidak mau gigi-giginya itu rusak dan tanggal satu persatu. Sayangnya riset terbaru menunjukkan bahwa ribuan anak kecil sudah harus menderita sakitnya cabut gigi karena gigi mereka membusuk.

Ada hubungan yang sangat jelas antara kecemasan ibu dengan tingkah laku anak selama perawatan gigi. Biasanya seorang ibu memiliki perasaan cemas terhadap anaknya terutama bila anaknya akan menghadapi suatu hal yang baru pertama kali dialaminya, demikian pula bila anaknya akan mendapat perawatan gigi.

Pada kunjungan pertama ibu telihat lebih cemas daripada anaknya sendiri, terutama bagi ibu-ibu yang belum pernah mendapatkan perawatan gigi. Dengan alasan tersebut, umumnya ibu akan menyertai anaknya ketika akan dirawata giginya. Segala tingkah laku ibu yang didasari rasa cemas sering terlihat dari wajah ibu tersebut. Hal ini akan menyebabkan kegelisahan pada diri anak sehingga dapat menganggu pelaksanaan dalam perawatan gigi. Kecemasan ibu dapat menyebabkan anak tidak kooperatif pada perawatan gigi.

Loading...

Pada kelompok umur 3-5 tahun hubungan antara rasa cemas ibu dengan tingkah laku anak pada perawatan gigi terlihat begitu nyata tetapi tidak demikian halnya pada anak di atas usia 5 tahun. Rasa cemas ibu mempengaruhi anak melalui modeling atau berbagai bentuk komunikasi. Pengaruh rasa cemas ibu terhadap anak dapat terlihat sebagai contoh berikut : seorang ibu berusaha menenangkan anaknya ketika berada di klinik tetapi efek yang terbentuk justru berlawanan karena melalui komunikasi, anak dapat mencoba membaca tanda-tanda yang menunjukkan kecemasan ibu.

Solusi :

Kecemasan ibu memberikan pengaruh besar kepada anak. Maka dari itu, solusinya harus berfokus pada penghilangan kecemasan pada si ibu terlebih dahulu. Hal ini bisa dicapai dengan keaktifan ibu dalam mencari informasi yang benar tentang kesehatan gigi dan prosedur perawatan gigi karena pada dasarnya kecemasan itu muncul karena kurangnya informasi tersebut. Si ibu bisa mengunjungi dokter gigi tanpa mengajak anak untuk berkonsultasi dan mendapatkan informasi selengkapnya langsung dari doketrnya. Setelah dirasa cukup jelas dan kecemasan ibu berkurang, ibu bisa mengajak anaknya untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan.