Cara Mengatasi Sariawan di Tenggorokan

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Sariawan adalah salah satu penyakit yang sering dijumpai di masyarakat. Saat sariawan kita akan mengalami rasa sakit ketika sedang mengkonsumsi sesuatu. Apalagi jika sariawan itu ada di tenggorokan, tentu sangat menyakitkan.

Cara Mengatasi Sariawan di Tenggorokan
Cara Mengatasi Sariawan di Tenggorokan

Ciri-ciri sariawan tenggorokan munculnya bintik putih pada daerah amandel. Jika dibiarkan terlalu lama akan merusak jaringan sehingga mengeluarkan nanah. Nah untuk mengatasi sariawan di tenggorokan langsung saja Anda simak berikut ini;

Hindari Makanan Penyebab

Loading...

Saat sariawan di tenggorokan, sebaiknya hindari makanan pedas, alkohol dan berminyak. Hal ini dikarenakan kandungan asamnya yang tinggi sehingga bisa menyebabkan iritasi yang lebih parah. Lebih baik Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B 12 dan zat besi. Tujuannya untuk meningkatkan sistem imun Anda.

Air Garam

Selain menyikat gigi, Anda juga harus berkumur dengan air garam. Berkumurlah selama beberapa menit hingga sariawan Anda mengenainya.

Jus Bawang

Jus bawang sangat efektif untuk meredakan sariawan tenggorokan. Caranya campurkan jus bawang dan madu. Ramuan ini bisa Anda jadikan obat kumur karena bersifat antibakteri.

Vitamin C

Mengkonsumsi vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini tentunya mengurangi terjadinya sariawan. Vitamin C banyak ditemukan pada jeruk.