Cara Mengatasi Gusi Bernanah dan Bengkak

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Setiap orang tentu akan merasa khawatir ketika gusi mereka mengalami pembekakan dan bernanah. Nanah bisa muncul dikarenakan tubuh dalam proses melawan infeksi. Sel darah putih akan melawan bakteri sehingga akhirnya dari proses tersebut terbentuklah nanah.

Cara Mengatasi Gusi Bernanah dan Bengkak
Cara Mengatasi Gusi Bernanah dan Bengkak

Gejala yang ditimbulkan gusi bernanah adalah nyeri berdenyut dalam waktu lama. Awalnya, gigi akan mengalami sensitif terhadap minuman yang terlalu dingin atau panas. Dan selanjutnya menjadi demam. Maka dari itu, Anda harus segera mengatasinya. Caranya langsung saja simak berikut ini.

Perawatan Gusi Bengkak Bernanah;

Loading...

Pembekakan pada gusi yang masih lunak, maka bisa di atasi dengan sayatan ringan (drainase). Namun untuk gusi yang bernanah meluas atau terletak di dalam gigi, maka perlu dilakukan pembersihan jaringan hingga ke akar gigi.

Jika infeksi disebabkan gigi yang berlubang, berarti Anda harus membersihkannya dan melakukan perawatan secara berkala di dokter gigi. Setelah itu, barulah mengambil tindakan penambalan gigi.

Untuk gigi yang sudah hancur (membusuk) sehingga tidak bisa melakukan perbaikan, maka jalan satu-satunya adalah pencabutan gigi.

Pemberian obat untuk mengatasi rasa sakit, bengkak, dan antibiotik harus sesuai dengan resep dokter gigi.

Anda juga bisa berkumur dengan air garam hangat. Cara ini sangat baik untuk menghilangkan rasa nyeri pada gigi. Namun jangan terlalu sering menggunakan air garam karena dapat merusak gigi.