Makanan Yang Dapat Membersihkan Gigi

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Membersihkan gigi merupakan hal yang wajib dilakukan setiap hari. Namun apakah Anda tahu bahwa menyikat gigi bukanlah satu-satunya cara membersihkan gigi.

Makanan Pembersih Gigi

Meskipun menyikat dan menggunakan benang setiap habis makan adalah cara yang paling efektif. Nah berikut ini ada beberapa makanan yang dapat membersihkan gigi.

Loading...

Apel , Wortel, atau Seledri

Buah dan sayur akan merangsang produksi air liur sehingga mulut selalu terasa segar dan bersih. Selain itu, pilihlah buah dan sayur yang sedikit mengandung asam.

Keju Atau Susu

Kandungan asam memang bisa merusak enamel gigi. Maka dari itu, minumlah susu dan produk olahannya agar kadar asam di mulut bisa berkurang.

Bawang Merah Mentah

Mencampurkan bawang merah mentah ke dalam makanan bisa membunuh bakteri yang terdapat pada gigi Anda. Hal ini dikarenakan bawang merah bersifat antibakteri yang kuat.

Kacang Mede

Kandungan minyak ekstrak pada kacang mede kaya akan zat antimikroba penyebab gigi rapuh. Selain itu, kacang mede juga mampu mencerahkan kulit Anda dan mengusir bakteri penyebab jerawat.

Wasabi

Anda pecinta sushi? Kini ada satu lagi alasan untuk semakin menyukainya. Bumbu pedas pada menu khas Jepang, sushi, ini dapat menghentikan aksi bakteri yang sedang berusaha menghancurkan gigi sehat Anda.

Air

Minum air putih atau berkumur dengan air bersih adalah kebiasaan baik yang sering dianjurkan para dokter gigi. Air memiliki fungsi yang sama dengan cairan pencuci mulut yaitu membersihkan sisa makanan dan bakteri di dalam mulut Anda. Air putih juga baik untuk membantu mensukseskan program diet Anda. Satu atau dua gelas air putih yang diminum di antara makan pagi dengan makan siang dan makan siang dengan makan malam, dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.