Cara Alami Mengobat Sariawan

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM- Stomatitis aftosa atau lebih dikenal dengan sariawan merupakan kondisi selaput lendir mengalami kelainan. Sariawan ini tentunya membuat kita susah mengunyah, berbicara, dan menelan makanan. Penyebab sariawan ada berbagai macam seperti:

Cara Alami Mengobat Sariawan
Cara Alami Mengobat Sariawan

– Stress
– Kurangnya asupan vitamin
– Kurangnya perawatan gigi
– Dehidrasi
– Efek bakteri
– Hormon mengalami gangguan

Nah, berikut ini cara alami mengobati sariawan;

Loading...

Air Kelapa

Air kelapa sangat efektif dalam meredakan panas dalam dan mengatasi dehidrasi. Selain itu, air kelapa juga tidak membuat Anda sering buang air kecil. Karena air kelapa bisa diserap baik oleh tubuh. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari dehidrasi dan tentunya mengurangi terjadinya sariawan.

Air Garam

Garam merupakan bumbu dapur yang dapat mengatasi sariawan. Caranya cukup mudah hanya berkumur dengan air hangat yang telah dilarukan dengan air garam. Berkumur 3x dalam 1 sehari untuk hasil yang maksimal. Namun, campuran garamnya jangan berlebihan karena bisa merusak kesehatan gigi Anda.

Kunyit

Kunyit dikenal sebagai anti inflamasi dan bisa mengatasi batuk, demam serta luka-luka ringan. Senyawa kurkumin yang terdapat pada kunyit bersifat antioksidan. Untuk kondisi sariawan, kunyit sebagai obat luka di dalam mulut. Caranya haluskan kunyit dan 1 sendok teh gliserin, kemudian oleskan pada sariawan.

Bawang Putih

Bawang putih sendiri bersifat antiseptik, antivirus dan antibakteri. Hal inilah yang membuatnya bisa mengobati sariawan. Caranya dengan membelah bawang putih menjadi dua bagian, lalu oleskan pada luka sariawan.

Mengkonsumsi Vitamin

Biasanya sariawan disebabkan kurangnya asupan vitamin B, C, asam folat dan zat besi. Maka dari itu, konsumsilah buah-buahan atau sayuran yang kaya akan vitamin. Cara ini juga bisa membuat Anda terhindar dari sariawan.