Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Menjaga kesehatan gigi anak harus dimulai sejak dini. Caranya dengan memenuhi asupan gizi mulai dari masa kandungan. Fosfor merupakan asupan terpenting, karena jika nutrisi ini kurang maka lapisan email gigi akan menipis. Hal ini tentu menyebabkan gigi mudah rapuh dan berlubang.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak
Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak

Maka dari itu, Anda perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda seperti yang dilansir dari beberapa sumber kesehatan berikut ini;

Beri Cemilan Sehat

Loading...

Pada umumnya orang tua selalu memberikan apa saja yang diinginkan anak. Namun sebaiknya Anda harus membatasi anak dalam mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula. Cemilan terbaik untuk anak adalah kripik singkong, cracker keju atau buah segar potong.

Sikat Gigi 2 Kali Sehari

Di usia enam bulan gigi anak mulai tumbuh. Maka dari itu, mulailah mengajarkan anak untuk membersihkan giginya dua kali sehari. Saat anak sudah mandiri tetap awasi apakah dia sudah menggosok gigi dengan baik dan benar.

Anda harus memberikan pasta gigi khusus anak-anak. Pasta gigi yang baik adalah pasta yang sedikit mengandung fluoride. Selain itu, ajari anak juga untuk berkumur dan meludah.

Kunjungi Dokter

Anda harus mengajarkan anak ke dokter gigi sejak dini, paling tidak berumur satu tahun. Konsultasikan ke dokter gigi setiap enam bulan sekali. Dengan begitu, kesehatan gigi dan mulut anak Anda akan tetap terjaga.