Jenis Perawatan Gigi Berlubang

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Memiliki masalah pada gigi seperti berlubang merupakan hal yang biasa terjadi. Biasanya orang mengatasinya dengan menambal atau mencabutnya. Namun yang harus Anda tahu bahwa jenis perawatan gigi berlubang itu berbeda-beda.

Jenis Perawatan Gigi Berlubang
Jenis Perawatan Gigi Berlubang

Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja Anda simak berikut ini jenis perawatan gigi berlubang;

Menambal Gigi Berlubang

Loading...

Untuk melakukan penambalan gigi berlubang harus ditentukan oleh besarnya lubang pada gigi Anda. Jika lubang tersebut hanya kecil, sebaiknya jangan dicabut. Selain itu, saat kondisi gigi sakit juga, penambalan harus ditunda. Hal ini dikarenakan lubang gigi mengeluarkan gas.

Umumnya Anda hanya diberikan obat penghilang sakit gigi terlebih dahulu sebelum penambalan. Setelah rasa sakit giginya sudah hilang, barulah dokter melakukan perawatan. Langkah pertama yang dilakukan dokter adalah membersihkan gigi, lalu ditambal sementara.

Selama perawatan ini, Anda dilarang mengkonsumsi makanan yang terlalu panas, dingin, dan keras. Setelah beberapa waktu, barulah dokter melakukan penambalan secara permanen.

Mencabut Gigi Berlubang

Jika lubang pada gigi Anda terlalu besar, maka harus dilakukan pencambutan. Itupun kondisi gigi Anda tidak dalam keadaan sakit. Karena obat bius tidak akan bereaksi saat gigi sedang sakit. Selain itu, bisa berakibat fatal pada saraf mata dan telinga bisa rusak.