Tips Merawat Gigi Berlubang

Tips Merawat Gigi Berlubang
Tips Merawat Gigi Berlubang

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Gigi berlubang atau nama lainnya karies adalah kerusakan gigi yang disebabkan pembentukan karies. Karies sendiri terbentuk adanya timbunan plak dan bakteri pada gigi, jarang melakukan perawatan gigi, dan sedikit mengkonsumsi makanan yang mengandung mineral.

Kondisi gigi yang sudah berlubang hanya bisa diatasi dengan terapi florida, ditambal atau dicabut. Nah, untuk lebih jelasnya langsung saja Anda simak berikut ini;

Kenali gejala gigi berlubang

Loading...

Anda harus bisa mengenalii gejala gigi berlubang seperti mengalami pembengkakan dan diselingi dengan nyeri gigi. Apalagi saat Anda mengkonsumsi sesuatu gigi akan terasa nyeri. Selain itu, di permukaan gigi terdapat warna hitam.

Melakukan terapi florida

Terapi ini dapat memperbaiki kerusakan gigi dengan cepat. Cara ini menggunakan gel, pasta dan larutan yang bisa memperkuat enamel gigi. Terapi florida hanya dilakukan oleh dokter spesialis gigi.

Penambalan gigi

Penambalan gigi hanya bisa dilakukan saat kerusakan gigi sudah mencapai ke dalam enamel dan permanen. Dokter gigi terlebih dahulu membersihkan gigi berlubang, lalu menambalnya.