Cara Merawat Gigi Berbehel

Cara Merawat Gigi Berbehel
Cara Merawat Gigi Berbehel

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Setiap orang sangat mendambakan gigi yang indah dan terlihat cantik. Namun hanya sebagian saja orang yang beruntung memiliki gigi yang baik dan cantik. Namun terlepas semua itu, saat ini sudah banyak teknologi modern yang dapat membuat gigi menjadi lebih indah dan cantik seperti memakai behel.

Tetapi penggunaan behel bukanlah hal mudah, Anda harus bisa merawatnya dengan baik. Tujuannya agar perawatan gigi menjadi lebih maksimal. Nah, berikut ini ada beberapa cara merawat gigi berbehel;

Sikat & Pasta Gigi Khusus

Loading...

Anda harus menggunakan pasta gigi khusus pengguna behel, seperti pasta gigi khusus orthopedic. Karena jika tidak Anda akan mendapatkan beberapa masalah dan fungsi behel tidak maksimal.

Obat Kumur

Setelah mengkonsumsi makanan, sebaiknya gunakan obat kumur. Tujuannya agar sisa-sisa makanan tidak tertinggal begitu lama yang nantinya tidak bisa dibersihkan oleh sikat gigi. Gunakan obat kumur yang direkomendasikan dokter gigi Anda.

Hindari Permen Karet & Makanan Keras

Untuk sementara waktu, Anda tidak boleh mengkonsumsi makanan yang keras dan lengket. Karena kedua jenis makanan ini sangat beresiko tinggi merusak kesehatan gigi.

Pantangan Lainnya

Anda juga harus menghindari makanan lain seperti caramel. Hal ini dikarenakan makanan tersebut dapat merusak gigi saat menggunakan behel.

Gunakan Benang Gigi

Membersihkan gigi dengna benang wajib Anda lakukan. Karena sikat gigi saja tidak bisa menyingkirkan sisa-saia makanan pada gigi.

Rutin Periksa ke Dokter

Selama penggunaan behel, Anda teratur memeriksa gigi ke dokter. Karena di masa ini gigi sangat rentan terkena penyakit yang lebih parah. Paling tidak 3 bulan sekali Anda memeriksa gigi.
7 Rajin Sikat Gigi Setelah Makan
Jangan lupa untuk rutin menyikat gigi anda saat setelah makan sebab jika lama tertinggal dalam mulut ia akan berkembang menjadi bakteri yang memicu gigi anda bermasalah. Selain itu saat memakai behel potensi sisa makanan tertinggal lebih besar karena bentuk behel yang banyak memberikan ruang bagi sisa makanan untuk tinggal.