Tanda Sikat Gigi Yang Perlu Diganti

Tanda Sikat Gigi Yang Perlu Diganti
Tanda Sikat Gigi Yang Perlu Diganti

JUNRALKEDOKTERANGIGI.COM – Menyikat gigi adalah kegiatan yang wajib dilakukan setiap harinya. Bahkan kebiasaan ini harus ditanamkan sejak dini kepada si kecil. Karena dengan menyikat gigi, maka bakteri dan sisa-sisa makanan yang tertinggal bisa terbuang.

Pilihlah sikat gigi yang baik agar pembersihan bisa dilakukan dengan sempurna. Namun sebagian besar orang melupakan fakta bahwa sikat gigi mempunyai batasan. Ingat, sikat gigi yang sudah tidak layak pakai dapat menyimpan bakteri streptokokus penyebab radang.

Nah, untuk itu sebaiknya Anda mengganti sikat gigi paling tidak 3 bulan sekali. Berikut ini tanda siakt gigi yang perlu diganti;

Loading...

Warna sikat yang memudar

Pada umumnya sikat gigi memiliki ujung bulu sikat yang diwarnai. Fungsi dari warna tersebut adalah menunjukan saat kita harus mengganti sikat gigi kita. Jika bulu sikat sudah memudar, maka segeralah ganti yang baru.

Bulu sikat merenggang

Penggunaan sikat gigi yang sudah berulang-ulang, tentu bisa merusak bulu sikat tersebut.Bulu sikat gigi yang renggang ke segala arah, tentu tidak efektif lagi membersihkan gigi, bahkan bisa melukai gusi.

Sikat gigi terjatuh

Sikat gigi adalah benda yang setiap paginya dimasukkan ke dalam mulut kita. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan kebersihannya. Misalnya jika sikat gigi terjatuh, maka bakteri di lantai dengan mudah menempel di sikat gigi. Jadi disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru.