Ciri-ciri Anda Terkena Hyperdontia

Ciri-ciri Anda Terkena Hyperdontia
Ciri-ciri Anda Terkena Hyperdontia

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Sama halnya dengan organ tubuh lain, gigi juga mengalami pertumbuhan. Gigi mempunyai fungsi yang penting dalam nutrisi tubuh, karena gigi kita dapat mengunyah makanan.

Anda tentunya memerlukan sejumlah gigi yang lengkap, karena di setiap gigi memiliki fungsi berbeda. Tetapi bagaimana jika gigi mengalami pertumbuhan yang tidak normal?

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa gigi yang tumbuh secara berlebihan disebut dengan hyperdontia. Pada umumnya jumlah gigi susu sekitar 20 buah dan gigi permanen sebanyak 32 buah. Namun, jika memiliki gigi susu dan gigi permanen lebih dari angkat disebut disebut hyperdontia.

Loading...

Gigi tambahan ini dapat tumbuh di semua bagian rongga gigi, khususnya bagian deret gigi atas. Bahkan, ada juga gigi taring dan geraham tumbuh bersamaan dalam satu bagian gigi.

Tentu hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri dan bisa juga mengganggu kesehatan gigi Anda. Penderita hyperdonsia juga lebih cenderung terkena sindrom pertumbuhan gigi yang tidak terkendali.

Penyebab terjadinya hyperdonsia masih belum diketahui secara jelas, namun faktor genetik diduga penyebab utamanya. Dan mungkin juga faktor lingkungan dan aktivitas yang banyak sehingga memunculkan bibit-bibit gigi.

Masalah seperti ini harus dideteksi sejak dini agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan lainnya. Cara Anda bisa melakukan pencabutan gigi yang berlebih karena dapat menyebabkan tumor.