Mengenal Lebih Jauh Leukoplakia

Mengenal Lebih Jauh Leukoplakia
Mengenal Lebih Jauh Leukoplakia

JUNARKEDOKTERANGIGI.COM – Salah satu organ tubuh yang harus dijaga kebersihan adalah rongga mulut. Rongga mulut merupakan tempat memasukan makanan sehingga tubuh bisa bertenaga.

Kebersihan rongga mulut tidak hanya dilihat dari gigi dan gusi saja, tapi lidah dan seluruh dinding rongga mulut juga. Anda bisa saja salah satu orang yang mengalami leukoplakia di dalam rongga mulut.

Seperti dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa leukoplakia adalah adanya gangguan di mulut karena terjadi penebalan di lidah dan rongga mulut. Ini merupakan reaksi mulut karena terjadi iritasi yang parah di selaput lendir mulut.

Loading...

Saat ini penyebabnya masih belum bisa diketahui, tapi kemungkinan besar karena kebiasaan merokok dan minuman beralkohol. Selain itu, efek dari tambal gigi, gigi palsu atau pemasangan kawat yang tidak pas.

Leukoplakia memang tidak berbahaya, namun bisa membuat gigi Anda menjadi lebih sensitif terhadap berbagai rasa, suhu, dan sewaktu mengosok gigi. Pengobatannya bisa Anda lakukan dengan cara menyembuhkan tempat iritasi lebih dulu.

Jika cara ini belum bisa mengatasinya, maka segera konsultasikan ke dokter untuk melakukan tindakan medis seperti misalnya pembedahan. Tujuannya untuk mengambil bagian putih di bagian rongga mulut. Untuk mencegah terjadinya leukoplakia kembali lagi. Jadi sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan selalu menjaga kebersihan mulut.