Cara Agar Si Kecil Tidak Takut Ke Dokter Gigi

Cara Agar Si Kecil Tidak Takut Ke Dokter Gigi
Cara Agar Si Kecil Tidak Takut Ke Dokter Gigi

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Tentunya Anda sudah tahu kenapa si kecil takut saat di bawah ke dokter gigi. Lepasnya gigi susu merupakan hal yang menyakitkan dan menakutkan bagi anak-anak. Agar rasa takut si kecil bisa dikendalikan, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini:

Bacakan Cerita

Bacakanlah sebuah cerita tentang dokter gigi yang menyenangkan agar rasa takutnya bisa hilang. Misalnya Dora The Explorer. Selain itu, katakan manfaat pergi ke dokter gigi. Dengan begitu, si kecil akan senang mengunjungi dokter gigi.

Loading...

Bermain Peran

Anda bisa mengajak si kecil untuk memainkan adegan, seolah-olah Anda yang menjadi dokter gigi dan anak Anda adalah pasiennya. Setelah itu, lakukan pemeriksaan giginya, kemudian menunjukkan gigi yang harus dirawat. Selain itu, katakan kepada si kecil jika gigi tidak dirawat dengan baik.

Hadiah

Berikanlah sebuah hadiah agar si kecil mau mengunjungi dokter gigi. Saat memberikan hadiah, katakan kepada si kecil bahwa giginya memerlukan perawatan dokter. Dengan begitu, si kecil akan memahami dan ingin memeriksakan giginya ke dokter.

Mulailah Sedini Mungkin

Anda harus membiasakan si kecil untuk mengunjungi dokter gigi sejak dini. Karena biasanya anak-anak harus dibawa ke dokter gigi ketika gigi pertamanya tumbuh. Dengan begitu, si kecil akan terbiasa mengunjungi dokter gigi. Selain itu, pilihlah dokter gigi yang si kecil senangi.