Permen Bukanlah Penyebab Masalah Gigi Berlubang

Permen Bukanlah Penyebab Masalah Gigi Berlubang
Permen Bukanlah Penyebab Masalah Gigi Berlubang

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM -Gigi berlubang merupakan salah satu masalah pada gigi yang sering dijumpai. Bahkan lebih parahnya, gigi pun harus dicabut. Tapi apakah Anda tahu makanan yang bisa menyebabkan gigi Anda berlubang? Jika jawabannya permen itu adalah hal yang salah.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja Anda simak berikut ini:

Dilansir dari beberapa sumber kesehatan bahwa penyebab gigi berlubang adalah biskuit asin (saltine cracker). Hal ini dikarenakan biskuit asin berbahan ragi. Pada umumnya orang tidak menyadari bahwa biskuit asin berbahan yang dibuat dengan rekayasa genetik dan tentunya meningkatkan indeks glisemik yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Loading...

Gula Bukan Satu-Satunya Penyebab Gigi Berlubang

Di bagian rongga mulut sudah ada beberapa bakteri yang suka dengan gula. Bakteri inilah yang menyebar saat mengkonsumsi makanan yang berbahan pati atau amilum. Ketika Anda mengkonsumsi makanan yang berbahan ragi, maka bakteri di rongga mulut berkembang biak dengan cepat. Apalagi jika biskuit tertinggal di bagian gigi Anda.

Sama halnya dengan organisme lain, bakteri juga mengeluarkan kotoran. Kotoran tersebutlah yang menyebabkan gigi berlubang dan bau mulut tak sedap. Bagi Anda yang ingin mempunyai gigi sehat, maka Anda harus membatasi dalam mengkonsumsi biskuit asin.

Konsumsi Sayur dan Buah Segar

Anda harus lebih sering mengkonsumsi buah atau sayuran yang kaya serat. Karena makanan kaya serat, dapat meningkatkan produksi air liur sehingga dapat mengurangi plak gigi. Apalagi jika Anda mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak kandungan airnya.

Selain sayur dan buah segar, teh hijau dan teh hitam juga bisa membunuh atau mengurangi jumlah bakteri penyebab plak gigi. Ini karena teh hijau serta teh hitam memiliki polifenol yang dikenal sebagai pencegah gigi berlubang.