Ibu Hamil Tidak Boleh Melakukan Perawatan Gigi

Ibu Hamil Tidak Boleh Melakukan Perawatan Gigi
Ibu Hamil Tidak Boleh Melakukan Perawatan Gigi

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Selama kehamilan, hindari melakukan seluruh aktivitas maupun tindakan kesehatan. Anda tidak boleh sembarangan melakukan tindakan medis saat hamil. Karena hal ini bisa menganggu kesehatan mental Anda dan si janin, seperti contoh kecilnya perawatan gigi.

Bahkan, Prof Dr Lindawati. S Kusdhany, drg., Sp.Pros(K) mengatakan bahwa saat hamil si ibu tidak boleh diberi tindakan yang disuntik. Hal ini dikarenakan saat gigi ingin dicabut tentu akan dilakukan anestesi dulu biar kebal. Nah, inilah yang dilarang bagi ibu hamil.

Selain itu, tindakan anestesi ini sangat rentan bagi ibu hamil, apalagi saat usia kehamilan masih trimester pertama dan ketiga. Hal ini ditegaskan bahwa semua dokter tidak akan melakukan tindakan cabut gigi kepada ibu hamil, demi kesehatan si janin dan ibunya.

Loading...

Yang dikhawatirkan saat pencabutan gigi itu adalah efek dari obat suntiknya, karena hal ini bisa memicu stres pada si janin dan ibunya. Pada umumnya, orang yang ingin mencabut gigi akan mengalami stres ringan.

Jika memang saat hamil Anda mengalami sakit gigi, dokter hanya akan memberikan mengobati tanpa melakukan pencabutan. Seperti obat untuk perawatan syaraf agar rasa sakit pada gigi bisa hilang.

Obat pun yang diberikan masih yang ringan-ringan saja. Karena ibu hamil sangat rentan dengan apapun,” ungkap Prof Linda.