Cara Merawat Gigi Dan Gusi Saat Hamil

Cara Merawat Gigi Dan Gusi Saat Hamil
Cara Merawat Gigi Dan Gusi Saat Hamil

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Kehamilan merupakan hal yang terindah dimiliki oleh setiap wanita. Meskipun demikian, Anda jangan terlalu terbuai dengan hal tersebut. Karena ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan demi kesehatan Anda dan si janin. Misalnya menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Ingat, kehamilan dapat menyebabkan perubahan hormon yang membuat gigi dan gusi menjadi sangat rentan. Keadaan seperti ini, gigi dan gusi mudah terkena penyakit gingivitis. Bahkan, penyakit ini bisa mempengaruhi kesehatan si janin.

Untuk itu, langsung saja Anda simak berikut ini cara merawat gigi dan gusi saat hamil.

Loading...

  • Memang, ibu hamil sangat menyukai makanan yang manis-manis. Namun, disarankan untuk sementara menghindari makanan yang manis-manis. Hal ini disebabkan makanan manis bisa menyebabkan pembusukan di gigi. Bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa bakteri pada gigi bisa tertular kepada si janin.
  • Anda sebaiknya memiliki makanan yang bergizi untuk dikonsumsi. Hal ini dilakukan karena gigi pertama si janin sudah mulai berkembang pada usia kehamilan Anda memasuki 4 bulan.
  • Anda juga harus selalu perhatikan kesehatan gusi. Jika ada kelainan pada gusi Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter.
  • Menjaga kebersihan mulut juga tidak kalah pentingnya agar menghambat berkembangnya bakteri di mulut.
  • Bagi Anda tidak kuat menggunakan sikat dan pasta gigi, Anda bisa menggantinya dengan sikat gigi yang lebih lembut atau ringan.

Bagi ibu hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, itu semua demi kesehatan Anda dan si janin.