Tips Agar Mulut Tidak Kering

Tips Agar Mulut Tidak Kering
Tips Agar Mulut Tidak Kering

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Apakah Anda pernah mengalami mulut kering? Mulut kering bisa membuat kita merasa tidak nyaman. Selain nafas yang tak sedap, kekurangan cairan di dalam mulut bisa mempercepat pembusukan sisa makanan yang tertinggal di gigi sehingga menyebabkan penyakit gusi.

Jika Anda masih bingung cara mengatasi mulut yang kering, langsung saja Anda simak berikut ini tips agar mulut tidak kering:

  • Cari tahu penyebabnya. Pada umumnya mulut kering terjadi karena seseorang mengalami depresi, alergi, dan beberapa pengobatan untuk menahan rasa sakit. Selain itu, mulut kering juga bisa disebabkan orang tersebut menderita diabetes, rematoid arthritis, dan anemia.
  • Merokok juga dapat menyebabkan mulut yang kering. Jadi, bagi Anda yang sering melakukan kebiasaan buruk seperti merokok sebaiknya dihentikan.
  • Meningkatkan produksi air liur seperti mengkonsumsi permen dan minum air putih dalam jumlah yang banyak bisa membuat Anda terhindar dari mulur kering.
  • Cobalah untuk berkonsultasi ke dokter kepercayaan Anda jika cara diatas masih belum efektif. Dokter akan memberikan beberapa resep untuk meningkatkan produksi air liur. Misalnya Salagan dan Evoxac bermanfaat untuk mengatasi masalah ini. Dokter Anda akan memberikan resep obat yang cocok dengan Anda.
  • Anda harus menghindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan mulut kering. Misalnya minuman yang mengandung kafein, obat kumur, alkohol dan makanan yang pedas.

Itulah beberapa cara yang bisa mengatasi mulut kering. Selama mencoba.

Loading...