Cara Alami Mengobati Sariawan

Cara Alami Mengobati Sariawan
Cara Alami Mengobati Sariawan

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Sariawan adalah luka yang terjadi di sekitar gigi dan gusi. Saat sariawan muncul biasanya akan sangat mengganggu ketika Anda beraktivitas karena rasa ngilu, sehingga membuat kita susah bicara dan susah makan, bahkan untuk menggerakkan mulut saja sakit.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah seperti sariawan, langsung saja Anda simak berikut ini cara alami mengobati sariawan:

Perbanyak Asupan Vitamin C

Loading...

Mengalami sariawan tanda tubuh kekurangan vitamin C, sehingga terjadi peradangan di bagian rongga mulut. Bahkan sariawan ini bisa lebih parah saat terjadi infeksi. Untuk itu, sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan vitamin C dalam tubuh Anda, misalnya mengkonsumsi buah jeruk, belimbing, tomat, apel dan lain sebagainya.

Hindari Dulu Makanan Pedas

Meskipun cabe memiliki kandungan vitamin C, tapi sebaiknya Anda hindari dulu makanan ini. Karena rasa pedasnya bisa membuat peradangan semakin parah. Nanti setelah Anda sudah sembuh dari sariawan, barulah bisa kembali menikmati makanan pedas.

Kumur-Kumur Dengan Garam

Berkumur dengan air garam bisa membantu Anda dalam mempercepat proses penyembuhan sariwan. Jadi, Anda bisa berkumur sesudah makan dan sebelum tidur.

Kumur-Kumur Dengan Air Rebusan Daun Sirih

Berkumur dengan air rebusan daun sirih juga bisa mencegah radang dan mencegah infeksi akibat sariawan. Caranya, sediakan 3 daun sirih kemudian Anda rebus dengan 2 gelas air. Setelah dingin, air rebusan tersebut bisa Anda jadikan obat kumur.

Lakukan secara rutin setelah makan pagi dan sebelum tidur. Bahkan ramuan ini bisa mengatasi bau tak sedap pada mulut.