Memperhatikan Aturan Pemakaian Obat Kumur

Memperhatikan Aturan Pemakaian Obat KumurPada dasarnya obat kumur adalah cairan dengan rasa tertentu yang di gunakan untuk berkumur-kumur setelah menyikat gigi atau flossing gigi. Cairan ini di percaya membuat gigi lebih bersih dan melindunginya dari kerusakan serta penyakit.

Mouth Rinse atau obat kumur sangat akrab di kalangan masyarakat. Apalagi ditunjang dengan iklan yang gencar di berbagai media baik cetak maupun elektronik. Berbagai keunggulan tampak sangat di obral. Namun demikian, apakah anda menyadari sesuatu yang tidak pernah di gembargemborkan? kalaupun ada hanya di petunjuk pemakaian. Padahal konsumen yang tidak begitu menganggap obat kumur sebagai obat yang patut di cermati, seringkali mengabaikan petunjuk pemakaian.

Kalau mau di anggap berbahaya mungkin masih terlalu jauh. Meskipun demikian, sekiranya produsen tetap perlu untuk menyosialisasikan aturan pemakaian obat kumur dengan porsi yang sama dengan keunggulan yang dimilikinya. Banyak efek samping dalam rongga mulut akibat penggunaan obat kumur yang berlebihan. Diantara sekian banyak efek samping tersebut, yang patut dikhawatirkan dari pemakaian obat kumur yang berlebihan adalah berubahnya komposisi flora normal rongga mulut. Seperti diketahui bahwa di dalam rongga mulut terdapat keseimbangan antara mikroorganisme patogen dan non-patogen. Pemakaian obat kumur berlebihan dikhawatirkan akan mengubah komposisi flora rongga mulut sehingga lebih banyak mikroorganisme non patogen yang terbunuh oleh obat kumur dibandingkan dengan mikroorganisme patogen. Akibatnya organisme yang dulunya tidak menyebabkan kelainan di dalam rongga mulut akan berkembang biak lebih masif sehingga menyebabkan kelainan di dalam rongga mulut.

Loading...

Dari uraian sederhana tersebut hendaknya masyarakat konsumen obat kumur selalu memperhatikan aturan pemakaian obat kumur. Kalau kurang jelas silakan untuk berkunjung ke dokter gigi terdekat, untuk lebih mengetahui bagaimana menggunakan obat kumur dan jenis obat kumur yang cocok dengan kondisi masing-masing pasien. Untuk informasi secara umum, obat kumur sebaiknya hanya digunakan 2-3 kali setiap hari, pagi hari setelah sikat gigi, siang hari dan malam hari setelah sikat gigi sebelum tidur. Sekian dulu semoga bermanfaat.

Advertisements