Cara Mengatasi Gigi Anak Tumbuh Diatas Gusi

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Gigi merupakan salah satu tampilan bagian depan yang paling utama harus dijaga kebersihan dan perawatannya. Gigi bisa saja mendapatkan masalah yang serius jika Anda mengabaikannya apalagi jika masih usia anak-anak gigi baru saja memuali masa pertumbuhannya. Kerusakan pada gigi yang tidak terawat bisa saja menyerang pada siapa saja terkecuali gigi anak-anak dan tentunya hal itu bisa mengganggu tumbuh kembang anak Anda.

Cara Mengatasi Gigi Anak Tumbuh Diatas GusiSebagai orang tua sebaiknya sesering mungkin untuk memeriksakan gigi anak Anda pada dokter gigi agar dapat mengetahui jika gigi anak Anda mendapatkan masalah sekaligus dapat mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Disini, jurnal kedokteran gigi akan memberikan sedikit ulasan seputar gigi yang tumbuh pada gusi anak dan bagaimana cara mengatasinya. Gigi yang tumbuh diatas gusi dapat juga dikatakan supernumerary teeth, atau gigi tambahan. Gigi tambahan ini berasal dari bakal gigi yang berlebihan. Secara keilmuan medis, belum diketahui mengapa bisa terdapat bakal gigi tambahan.

Loading...

Gigi tambahan ini di kemudian hari dapat mengganggu pertumbuhan gigi tetap di sekitarnya, menggeser arah tumbuh gigi tetap, mengganggu penampilan atau malah tidak mengganggu sama sekali (tidak bergejala).

Seperti yang mungkin Anda telah ketahui, gigi manusia memiliki 2 periode saja yaitu gigi susu (gigi yang pertama kali tumbuh) dan nantinya gigi susu akan digantikan oleh gigi permanen. Pergantian tersebut umumnya dimulai saat anak berusia kurang lebih 6 tahun. Dengan demikian, bukan gigi susu yang dipertahankan namun gigi permanennya.

Gigi yang tumbuh di luar lengkung rahang yang normal. Namun perlu dipastikan dahulu apakah yang sebenarnya terjadi pada gigi anak Anda, agar dapat ditentukan rencana perawatan yang terbaik. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya berkonsultasi ke Dokter Gigi untuk mendapatkan penanganan yang sesuai; Dokter Gigi Anda akan menilai apakah terdapat indikasi / keperluan untuk mencabut gigi tambahan tersebut, atau cukup diamati secara berkala saja, sambil dinilai apakah gigi tambahan mengganggu pertumbuhan gigi sekitarnya atau tidak.

Demikina ulasan kami seputar cara mengatasi gigi anak tumbuh diatas gusi semoga bermanfaat.