Cara Melepas Behel Fashion Sendiri

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Model behel atau kawat gigi sekarang sudah banyak dan model yang berbeda beda pula. Saat pemasangan behel tentu Anda serahkan kepada orang yang ahlinya begitu juga saat pelepasan behel atau kawat gigi. Lalu bagiamana dengan orang yang awam mengenai hal-hal ini? Melepas behel tentu Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menghemat biaya, Anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Lalu apakah semua jenis behel bisa dilepas sendiri?

cara-melepas-behel-fashion-sendiri

Cara Melepas Behel Sendiri? Apakah Bisa?

Loading...

Orang-orang yang menggunakan behel tentu saja memiliki tujuan atau maksud tertentu yang berhubungan untuk merawat giginya agar lebih rapi dan indah. Untuk merawat gigi Anda tersebut ada 2 jenis behel yang bisa digunakan yaitu behel permanen dan behel non permanen alias behel yang bisa dilepas dengan mudah kapan saja.

Biasanya orang-orang akan memilih behel permanen untuk menjaga ruang antar gigi yang berdekatan sampai gigi palsu yang Anda rencanakan terpasang. Behel permanen juga bisa digunakan untuk mengontrol dorongan lidah agar tetap melekat pada gigi.

Sedangkan untuk behel yang bisa dilepas kapan saja seringnya digunakan untuk membantu menarik kembali gigi depan ke belakang dan menahan gigi bagian belakang. Behel non permanen tersebut juga bisa membantu menutup rahang dalam dengan mudah dan pada posisi yang lebih aman. Tentu sajacara melepas behel sendiri untuk jenis behel non permanen cukup mudah. Karena bentuk dan sifatnya yang dibuat sengaja mudah untuk dilepas.

Cara melepas behel sendiri untuk jenis behel permanen

Sebelum melepas behel permanen, Anda harus menyakinkan diri Anda sendiri dibutuhkan keyakinan dan juga alat bantu untuk melepas behel permanen tersebut. Nama alatnya adalah bracket remove. Bentuk dari bracket remove ini seperti tang. Namun jangan samakan tang bracket remove ini dengan tang yang sering digunakan di bengkel-bengkel.

Kedua ujung bracket remove ini berbentuk pipih dan juga tajam. Cara menggunakannya adalah cukup meletakkan kedua ujung tang tersebut di selah antara bracket dan gigi. Lalu tekan hingga akhirnya bracket terlepas dari gigi. Kekuatan untuk menahan hingga bracket terlepas memang cukup besar. Tentu saja agar behel tidak rusak ataupun melukai gigi Anda, Anda harus ekstra hati-hati ketika melakukan cara melepas behel sendiri.