Cara Memajukan Gigi Ke Depan

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Senyuman yang indah yang dipancarkan seseorang tergantung dari tampilan giginya. Gigi yang bersih, rapi serta sehat akan memancarkan senyuman yang lebih indah dan menawan ketika ia tersenyum. Pria atau wanita Akan terlihat lebih menarik lagi jika posisi mulut terbuka dengan bentuk gigi yang tersusun rapi. Sebagian yang memiliki gigi gingsul memang ada yang terlihat menawan dengan senyumannya.

Cara Memajukan Gigi Ke Depan
Cara Memajukan Gigi Ke Depan

Namun kebanyakan senyuman yang menjadi idaman adalah saat mulut terbuka lebar dengan tampilan gigi yang rapi. Namun kenyataannya banyak orang yang terlahir dengan susunan gigi yang kurang baik dan kurang rapi. Seperti halnya gigi yang terlalu masuk kedalam sehingga tidak sedikit mereka mencari cara untuk memajukan gigi mereka yang terlalu masuk kedalam. Disini kami memberikan dua cara alternatif untuk Anda.

Cara alami dengan sendok kayu penanak nasi

Loading...

Sendok kayu yang biasanya Anda gunakan untuk menanak nasi atau juga bisa sendok kayu yang biasa digunakan untuk menggoreng atau menumis. Keluar dari fungsinya sebagai sendok untuk menanak nasi, sendok kayu juga dapat dijadikan alat untuk mengatasi gigi yang kurang rapi apakah gigi terlalu keluar, terlalu masuk atau miring. Bagiamana cara kerjanya? Simak ulasannya untuk Anda.

  • Langkah pertama, masukan sendok kayu dalam panci yang akan digunakan untuk tanak nasi.
  • Untuk memasukkan sendoknya anda bisa melakukannya saat nasi baru ½ matang, atau saat air rebusan nasi mendidih.
  • Biarkan dan diamkan sendok kayu didalam panci selama kurang lebih 1-2 menit.
  • Saat itu sendok kayu akan menjadi panas, dan anda bisa gunakan untuk mendorong gigi supaya rapi dan rata.
  • Jika posisi gigi anda ingin dirapikan keluar, maka anda bisa dorong gigi dari dalam dan dorong kearah luar.
  • Tapi jika anda ingin gigi anda dirapikan ke dalam, maka dorong gigi dan tekan dari luar ke arah dalam.
  • Lakukan dan tahan cara tersebut selama kurang lebih 10 detik.
  • Kemudian, celupkan kembali sendok anda ke panci kukusan nasi dan ulangi langkah pada nomor 5 dan 6 untuk beberapa kali dalam satu hari.

Jika Anda melakukan cara ini dengan rutin dan teratur, maka lama kelamaan gigi Anda akan kembali normal seperti yang Anda inginkan. Cara merapikan gigi secara alami di atas akan sangat membantu Anda dalam merapikan gigi Anda supaya rapi dan terlihat indah apalagi saat tersenyum. Jika Anda penasaran dan merasa tidak percaya, silahkan Anda membuktikannya.

Selanjutnya, selain menggunakan sendok kayu Anda juga dapat memajukan gigi dengan penggunaan behel. Pada dasarnya, penggunaan behel atau kawat gigi ditujukan untuk merapikan gigi. Berikut adalah beberapa indikasi pemasangan kawat gigi :

  • Merapikan jarak antara gigi yang terlalu renggang.
  • Merapikan gigi yang berdekatan.
  • Memperbaikai malposisi (perbedaaan posisi) rahang atas dengan rahang bawah.
  • Memperbaiki masalah rahang yang menyebabkan gigitan menjadi tidak rata atau tidak satu garis.

Sebetunya gigi yagn terlalu masuk disebabkan oleh rahang Anda dengan menggunakan behel atau kawat gigi mungkin saja masalah Anda dapat teratasi. Temuilah dokter gigi ahli ortodonsi untuk memastikannya. Dokter akan memastikan bentuk rahang dan gigi Anda, serta melihat kemungkinan masalah gigi yang Anda alami. Setelah itu, dokter akan menilai perlu tidaknya digunakan kawat gigi.

Jika dianjurkan memakai kawat gigi, maka Anda akan diminta melakukan rontgen gigi dan membuat cetakan gigi. Setelah itu, dimulailah persiapan penggunaan kawat gigi. Proses ini tidak hanya terjadi dalam satu waktu, melainkan melalui 2- 3 pertemuan. Diskusikanlah permsalahan rahang dan gigi Anda dengan dokter yang memeriksa Anda.

Demikian apa yang bisa kami berikan semoga bermanfaat untuk Anda.