Perbedaan Behel Palsu dan Behel Asli

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Behel atau kawat gigi, kini telah menjadi salah satu trend yang banyak orang gunakan utamanya para wanita. Alasannya sebagai penambah kecantikan. Selain itu behel juga dianggap sebagai penambah aksesoris fashion. Sehingga tidak sedikit dari masyarakat kita yang menggunakan behel gigi, keluar dari fungsi aslinya yaitu memperbaiki gigi.

perbedaan-behel-palsu-dan-behel-asliBehel gigi berfungsi untuk merapikan letak dan susunan gigi. Maka dengan menggunakan behel dapat memperbaiki penampilan gigi, proses makan, dan berbicara. Pemasangan kawat gigi sebaiknya dilakukan oleh ahlinya, yaitu dokter gigi spesialis ortodontis.

Namun banyak juga dari masyarakat kita yang tidak tahu membedakan antara behel yang asli dan yang palsu. Salah satu sumber terpercaya menyebutkan jika ada seseorang yang tertipu sampai kehilangan uang berjuta-juta disebabkan oleh behel gigi yang palsu. Olehnya itu jurnal kedokteran gigi disini akan memberikan sedikit info untuk Anda agar dapat mengetahui perbedaan behel palsu dan behel asli.

Loading...

Secara umum, behel atau behel gigi dapat dikelompokkan menjadi dua, yakni behel asli dan palsu atau imitasi (fantasi). Dari kedua model behel ini, memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Apa sajakah perbedaannya?

Perbedaan antara keduanya antara lain bahwa kalau behel gigi asli yang untuk kesehatan hanya dipasang oleh dokter atau praktisi resmi, sedangkan imitasi atau fantasi dapat dipasang oleh siapa saja. Selain itu, behel gigi kesehatan selalu dipasang pada gigi atas dan bawah secara bersamaan (sepaket), sedangkan behel gigi fantasi dapat dipasang hanya pada salah satunya saja.

Biasanya, biaya pasang kawat gigi asli (kesehatan) berkisar antara empat sampai lima juta. Sedangkan kawat gigi fantasi sangat terjangkau, yakni mulai dari harga seratusan ribu rupiah saja. Dapat dibayangkan jika harganya saja sangat jauh, maka bisa jadi bahan yang digunakan pun tentu berbeda.

Pemasangan behel gigi yang asli saja untuk kesehatan kita harus datang ke dokter spesialis yang memang berkompeten, sedangkan jika kita ingin memasang behel gigi fantasi, kita bahkan dapat memasangnya sendiri kapan saja kita inginkan. Maka dari itu biaya pasang behel gigi termurah bisa jadi hanya imitasi dan palsu, maka waspadalah jangan sampai tertipu seperti yang kami sebutkan diatas.

Bahan yang digunakan bisa jadi sama-sama berbahan dasar kawat atau stainless steel, namun kualitas antara behel gigi asli kesehatan dan behel gigi imitasi tentu juga berbeda. behel gigi yang asli lebih terjamin keamanan dan kesehatannya serta memiliki garansi khusus, sedangkan behel untuk behel fantasi, hanya bahan kawat biasa yang tidak memiliki jaminan mutu yang baik.

Selain biaya pasang behel gigi dan jenis bahannya, kita juga perlu mengetahui biaya perawatan gigi serta  pemeliharaan selama memakai behel gigi. Karena tanpa adanya perawatan yang baik, behel gigi akan menimbulkan masalah-masalah baru bagi kesehatan gigi dan mulut kita.