5 Penyebab Mulut Terasa Pahit

JURNALKEDOKTERANGIGI.COM – Setiap orang tentu pernah merasakan mulut yang pahit. Gejala ini muncul saat tubuh sedang sakit sehingga membuat kita tidak nafsu makan, akibatnya penyembuhan menjadi lambat.

5 Penyebab Mulut Terasa Pahit
5 Penyebab Mulut Terasa Pahit

Selain itu, banyak lagi yang membuat mulut Anda terasa pahit. Hal ini diperjelas dari beberapa sumber kesehatan. Untuk lebih jelasnya langsung saja Anda simak berikut ini;

Kondisi Gigi dan Mulut

Loading...

Mempunyai infeksi pada mulut, misalnya penyakit gusi, gigi berlubang dan mengalami sensitif saat melakukan penambalan. Bahkan kebersihan gigi dan mulut juga bisa menyebabkan mulut terasa pahit.

Penyakit Asam Lambung

Asam lambung meningkat atau lebih dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) juga menyebabkan mulut terasa pahit. Penyebabnya adalah mengkonsumsi makanan asam secara berlebihan, pedas dan berlemak. Gejala lainnya nyeri perut, dada terasa panas, bau mulut, kembung, sering sendawa dan sakit tenggorokan.

Obat-obatan

Terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan akan menyebabkan mulut terasa pahit. Maka dari itu, Anda harus meminta saran kepada dokter sebelum mengkonsumsi obat-obatan.

Inhalasi atau Menghirup

Seperti yang Anda ketahui bahwa merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Zat yang terkandung dalam rokok juga memiliki efek buruk pada lidah seperti rasa pahit. Hal inilah yang menyebabkan perokok mempunyai selera makan yang kurang.

Kekurangan Zinc dan Vitamin B-12

Kekurangan Zinc dan Vitamin B-12 adalah salah satu penyebab mulut terasa pahit. Untuk itu, konsumsilah makanan yang banyak mengandung nutrisi ini.

Advertisements